lontong dekem tak kalah enaknya   Leave a comment

BAGI anda warga luar kota Pemalang mungkin akan kesulitan mencari makanan khas Pe­malang seperti gombyang maupun lontong dekem. Me­mang kedua makanan tersebut sangat populer di masyarakat tapi tidak di­sembarang tempat bisa ditemukan.

Salah satu lokasi yang menjadi tujuan penggemar makanan baik dari dalam kota maupun luar kota adalah Jalan Mar­tadinata yang terletak di sebelah utara Alun-alun kota Pemalang. Be­berapa warga ada yang me­nye­but­nya dengan Pasar Anyar. Mes­­ki panjang jalan di lokasi hanya beberapa ratus meter, na­mun puluhan pedagang ma­ka­nan berjajar di sebelah barat ja­lan.

Se­men­tara bagi anda yang tidak me­nyu­kai gombyang maupun lontong de­kem, di pusat ku­liner Ma­r­ta­dinata juga dapat ditemukan be­berapa jenis ma­ka­nan yang su­dah familiar, se­ma­cam bakso.

Grombyang merupakan sejenis makanan berkuah ditambah dengan irisan-irisan daging, namun satu ciri khas yang membedakan dengan makanan sejenis lainnya adalah kesegaran kuah yang terdiri dari puluhan bumbu rempah-rempah. Bahkan karena jumlah kuah yang cukup banyak terlihat seperti gombyang-gombyang.

Selain irisan daging dan kuah biasanya para pedagang sekaligus memasukan nasi langsung ke dalam mangkuk. Sedangkan di atas mangkuk diletakan beberapa tusuk sate.

Versi cerita
Ada cerita dibalik nama lontong dekem. Ada versi yang me­nyatakan bahwa lontong dekem disebut demikian, karena lontong yang disajikan tidak terlihat karena tertutup di bawah.

Sementara ada pula yang mengatakan disebut dekem ka­re­na penjual menyediakan tempat duduk bagi pembeli berupa bangku-bangku kecil atau disebut dingklik.

Posted 01/10/2010 by singgih9971

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: